Kamis, 14 November 2019

MENGENAL DOMAIN : ALAMAT RUMAH BAGI WEBSITE | PENGERTIAN DOMAIN DAN JENIS-JENISNYA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Hello techolic! Kembali lagi dengan Mimin yang baik dan tidak sombong. Kalian pernah gak sih situs ataupun website? Tentu aja pernah ya guys. Kalian perhatiin gak sih setiap kalian akses alamat suatu situs atau website pasti diakhiri dengan .com atau .co.id. Nah kata .com atau .co.id itu disebut Domain guys.


Jadi apa sih Domain itu? tenang aja guys dalam artikel ini kita akan belajar apa itu Domain. tunggu apa lagi let's check this out!!

PENGERTIAN DOMAIN

Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protokol (IP), mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Dalam dunia internet, domain merupakan aspek penting dalam sebuah website. Fungsinya adalah sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Jadi jika dianalogikan Domain itu seperti alamat rumah dimana kita menyimpan website atau situs kita di internet. 

BACA JUGA:

JENIS-JENIS DOMAIN

TLD atau Top Level Domain

Top Level Domain merupakan ekstensi domain yang berada di belakang nama website. TLD sendiri adalah ekstensi yang sudah sangat populer. Diantaranya, .com, .net, .gov, .org dan lain-lain. Banyak yang lebih memilih menggunakan Top Level Domain karena berbagai alasan. Salah satunya adalah karena lebih mudah diingat dan lebih umum. Alasan ini biasanya digunakan oleh website yang sifatnya lebih personal atau tidak merujuk ke suatu organisasi tertentu. Top Level Domain juga membuat hosting/website klien memiliki peringkat yang lebih unggul di search engine Google.

SLD atau Second Level Domain

SLD adalah nama domain yang Anda daftarkan. Cara membaca domain adalah dari bagian paling belakang, kemudian lanjut ke depan. Nah, pada domain niagahoster.co.id, nama “niagahoster” itulah yang disebut dengan SLD. Lebih mudahnya, Anda dapat mengartikan SLD sebagai nama website Anda.

TLD atau Third Level Domain

Atau yang seringkali disebut juga sebagai subdomain. Letaknya berada paling depan dari kesatuan URL nama domain yang Anda miliki. Misalnya, “www.niagahoster.co.id“, maka “www” inilah yang dikategorikan sebagai Third Level Domain.

Perbedaan TLD dan gTLD Domain


Ada dua jenis TLD atau ekstensi domain yang sering digunakan, yakni gTLD dan ccTLD. Kebanyakan user tidak menyadari perbedaannya, karena sama-sama sering ditemui pada website dengan peringkat tinggi di search engine seperti Google.

gTLD atau Generic Top Level Domain adalah domain dengan ekstensi umum dan paling banyak digunakan user di dunia. Domain yang terdapat pada jenis ini memiliki akhiran .com, .net, .biz, .org, .edu, dan lain-lain. Tiap-tiap ekstensi juga memiliki penjelasan dan kegunaannya masing-masing.
  • .com: digunakan untuk keperluan komersial
  • .biz: digunakan untuk keperluan bisnis
  • .org: digunakan untuk keperluan organisasi
  • .edu: digunakan untuk keperluan edukasi/pendidikan

ccTLD – Country Code Top Level Domain

Merupakan domain akan membawa identitas negara dan menunjukkan bahwa isi website tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang berada di negara tersebut, seperti domain dengan akhiran inisial negara .id, .sg, .au.

Di Indonesia sendiri, banyak variasi domain yang dapat digunakan perusahaan untuk melengkapi URL website mereka. Contohnya:
  • .ac.id: digunakan bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  • .co.id: digunakan bagi organisasi komersial yang hanya diperuntukan bagi perusahaan tersebut.
  • .sch.id: digunakan bagi akademik/sekolah
  • .web.id: digunakan oleh personal maupun organisasi Indonesia.
Jadi itu guys yang dimaksud dengan Domain guys. Jika kalian suka dengan artikel ini jangan lupa share ke temem-temen kali ya guys. Sekian dulu ya guys kalo ada kesalahan Mimin minta maaf  ya.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND

Nama     : Aldo Fernanda NPM      : 20312055   IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND Sebagaimana pada algortima runut-balik, algoritma B...