Jumat, 15 November 2019

PENGERTIAN FTP SERVER DAN CONTOH SOFTWARE FTP SERVER

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Hello techolic! Kembali lagi dengan Mimin yang baik dan tidak sombong. Dalam artikel kali ini Mimin akan bahas tentang PENGERTIAN FTP SERVER DAN CONTOH SOFTWARE FTP SERVER. Let's check this out!!

PENGERTIAN FTP SERVER

Sebelumnya Anda harus tahu dulu pengertian dari FTP Server. Merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, FTP adalah protokol internet yang berjalan dalam satu lapisan aplikasi yang berfungsi sebagai media tukar-menukar data antara client dan server dalam sebuah jaringan. Uniknya, FTP bisa diatur menjadi layanan yang bisa digunakan oleh banyak orang, sehingga semua orang bisa mengakses data dalam suatu komputer dengan mudah. Meski begitu, FTP sudah memiliki tingkat keamanan yang terjamin dan hanya client yang terdaftar dan memiliki izin saja yang bisa mengaksesnya.

BACA JUGA:

FUNGSI FTP SERVER


FTP memiliki berbagai fungsi yang sangat menguntungkan bagi pengguna komputer. Berikut fungsinya:
FTP sangat menguntungkan bagi pengguna akun website, karena pengguna dapat membuat cadangan data website mereka dengan langkah yang mudah.
Pengguna komputer bisa melakukan pertukaran informasi maupun file antar komputer dengan langkah yang mudah meski ukuran file yang ditukar sangat besar sekalipun.
FTP menyediakan fasilitas bagi pengguna komputer supaya bisa melakukan pengiriman data dan informasi secara dua arah. Misalkan saat FTP digunakan di sebuah kantor, maka seorang direktur dapat mengirimkan file kepada manager ataupun staff, begitu juga sebaliknya.
Data yang ditransfer menggunakan FTP dapat berjalan dengan lebih efisien. Ini dikarenakan pengguna komputer tidak perlu melakukan langkah-langkah yang rumit.
Pengguna komputer dapat melakukan pengiriman data secara teratur.
FTP akan melindungi pengguna komputer dari berbagai sistem file storage antar host yang saling bertukar informasi.
Pengguna dapat memanfaatkan FTP secara indirect maupun implicit remote computer.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FTP SERVER

Kelebihan FTP Server

  • Data yang dikirimkan tidak akan hilang atau terhapus oleh komputer maupun perangkat elektronik lainnya.
  • Langkah yang dijalankan untuk proses pertukaran informasi dan data antar komputer tidak rumit.
  • Proses transfer data dan informasi sangat mudah dan efisien.
  • Sebesar apapun file yang akan ditransfer tidak jadi masalah, karena FTP Server tetap bisa memprosesnya.
  • Sudah dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi terhadap jaringan yang digunakan sudah sangat terjamin, sehingga tidak perlu khawatir akan adanya kebocoran data oleh pihak yang tidak berwenang.
  • Verifikasi yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan FTP hanya terdiri dari dua langkah dan software yang digunakan juga mudah dioperasikan.
  • FTP dapat dimanfaatkan untuk melakukan back up (cadangan) data dan file serta melakukan restore pada data website dengan cara yang mudah.

Kekurangan FTP Server

  • Kemudahan dan keamanan yang ditawarkan oleh FTP membuatnya sering mengalami kesalahan dalam menyampaikan informasi, sehingga administrator akan kesulitan untuk memahami informasi yang diterima.
  • Bila tidak menggunakan sistem keamanan enkripsi, maka FTP menjadi kurang aman digunakan untuk melakukan transfer data.
  • Desain yang digunakan tidak begitu kuat, sehingga administrator tidak mendapatkan informasi yang berhubungan dengan resiko yang akan mereka hadapi.

FILEZILLA SOFTWARE FTP SERVER

FileZilla adalah perangkat lunak open source yang didistribusikan secara gratis dan dapat membantu Anda untuk mentransfer file berukuran lebih besar dengan aman dan cepat. Kebanyakan host memiliki kapasitas atau space yang terbatas ketika mereka harus mengupload file melalui PHP atau script. Namun, keterbatasan space semacam ini tidak akan muncul saat mengupload file menggunakan FTP. Oleh karena itu, aplikasi FileZilla merupakan tool yang sangat baik dan berguna dalam ruang lingkup developer.

Program FileZilla FTP mudah digunakan sehingga tak heran jika aplikasi ini sangat terkenal di antara FTP client lainnya. FileZilla FTP juga mensupport Windows, Linux, Mac OS X, BSD, dan sistem operas lainnya. Software ini pun mengikutsertakan beberapa bahasa dan fitur, seperti Site Manager, transfer queues, bookmarks, dan masih banyak lagi.

Jadi itu guys PENGERTIAN FTP SERVER DAN CONTOH SOFTWARE FTP SERVER. Semoga bermanfaat ya guys. Sekian dulu ya guys. Sampai ketemu di artikel berikutnya, jika kalian suka jangan lupa dishare ke teman-teman ya guys.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND

Nama     : Aldo Fernanda NPM      : 20312055   IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND Sebagaimana pada algortima runut-balik, algoritma B...