Rabu, 13 November 2019

PENGERTIAN DHCP DAN CARA KERJANYA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Hello Techolic! Kalo kemarin kita bahas PENGERTIAN DNS DAN CARA KERJANYA kali ini Mimin akan membahas tentang DHCP. Kalian tau gak sih apa itu DHCP? Hahh belum??? Tenang aja guys kalo kalian baca postingan ini sampai selesai pasti kalian paham apa itu DHCP.

Kuylah gak usah banyak bacot langsung aja ke pembahasannya. Let's check this out!!!

PENGERTIAN DHCP

DHCP (Dynamic Host Control Protocol) adalah suatu protocol atau aturan memungkinkan pemberian alamat IP secara otomatis kepada client dalam sebuah jaringan komputer. Tapi DHCP tidak hanya memberikan IP Address aja guys. DHCP juga memberikan Subnetmask, Default Gateway, dan DNS .

Dengan adanya DHCP Administrator tak perlu repot memasukan IP Address secara manual dalam setiap client dalam sebuah jaringan. Dalam DHCP ada dua komponen peting yaitu:
  1. DHCP Server: Merupakan suatu perangkat yang dapat memberikan IP Address, Default Gateway, Subnetmask, dan DNS kepada Client dalam sebuah jaringan komputer.
  2. DHCP Client: Merupakan suatu perangkat yang melakukan request kepada DHCP Server berupa IP Address, Default Gateway, Subnetmask, dan DNS dalam sebuah jaringan komputer.
BACA JUGA:

CARA KERJA DHCP

Proses pembeerian IP Address ke suatu clientmemiliki beberapa tahapan antara lain sebagai berikut: itu
  1. IP Least Request : Komputer client meminta alamat IP address ke DHCP server.
  2. IP least Offer : DHCP server menawarkan alamat IP address yang tersedia kepada komputer client.
  3. IP lease Selection : Komputer client menerima alamat IP address yang ditawarkan DHCP server dan melakukan penyewaan kepada DHCP server selama batas waktu tertentu.
  4. IP Lease Acknowledge : DHCP server menerima penyewaan DHCP client dan memberikan alamat IP address serta memberikan subnet jaringan lainnya sebagai fasilitas tambahan. Kemudian DHCP client melakukan aktifasi/inisialisasi dengan mengikat alamat IP sehinggal alamat IP itu tidak dapat diambil oleh komputer client lainnya, selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk bekerja pada jaringan DHCP server yang sudah dikonfigurasi.
Jadi itu guys PENGERTIAN DHCP DAN CARA KERJANYA semoga bermanfaat. Sekian dulu guys see you next time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND

Nama     : Aldo Fernanda NPM      : 20312055   IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND Sebagaimana pada algortima runut-balik, algoritma B...