Minggu, 25 Oktober 2020

Notasi Algoritma Program Menghitung Luas Persegi Panjang

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Hello techolic! Kembali lagi dengan Mimin yang baik dan tidak sombong. Dalam artikel kali ini Mimin akan bahas tentang Notasi Algoritma Program Menghitung Luas Persegi Panjang. Ok let's check this out!!


1. Definisi Algoritma

Algoritma merupakan kerangka dasar berupa langkah-langkah logis untuk menyelesaikan permasalahan yang akan dilaksanakan dengan menggunakan komputer, sebelum permasalahan tersebut ditulis ke dalam bahasa pemrograman komputer. Algoritma merupakan landasan penting yang harus di kuasai oleh siapa pun yang ingin belajar membuat program. Orang membuat program pada umumnya untuk menyelesaikan masalah. Namun, sebelum menyelesaikan masalah dengan program, terdapat tiga langkah penting yang perlu dilakukan terlebih dahulu.
  1. Menganalisis masalah dan mebuat algoritma
  2. Menuangkan algoritma ke dalam bentuk program
  3. Mengeksekusi dan menguji program

2. Notasi Algoritma

Notasi algoritma adalah teknik/cara penulisan algoritma. Notasi algotitma secara umum dapat dibagi menjadi 3 yaitu:
  • Kalimat Deskriptif
  • Flowchart
  • Pseudocode

  • Kalimat Deskriptif
Notasi kalimat deskriptif adalah cara penulisan algoritma dengan menggunakan kalimat deskripsi. Contoh penulisan notasi kalimat deskriptif program menghitung luas persegi panjang:

Program Menghitung Luas Persegi Panjang:
  1. Masukkan panjang persegi panjang
  2. Masukkan lebar persegi panjang
  3. hitung luas persegi panjang dengan rumus: Luas = Panjang x Lebar
  4. Tampilkan luas persegi panjang


BACA JUGA:


  • Flowchart
Flowchart merupakan penulisan algoritma dengan menggunakan notasi grafis. Flowchart adalah bagan yang mempelihatkan tahapan dari suatu program dan hubungan antar proses beserta penyataannya. Ilustrasi ini dinyatakan dalam simbol, setiap simbol mempunyai makna tertentu untuk proses tertentu. Simbol-simbol flowchart yang umumnya digunakan adalah simbol-simbol flowchart standar yang dikeluarkan oleh ANSI dan ISO.
Tabel Simbol Flowchart

Berikut merupakan contoh flowchart program menghitung luas persegi panjang:

Flowchart Luas Persegi Panjang

  • Pseudocode

Pseudocode adalah notasi algortima yang penulisannya menyerupai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Meskipun menyerupai bahasa pemrograman, pseudocode berisi deskripsi dari algortima pemrograman yang berisi struktur sederhana dari bahasa pemrograman dengan tujuan bahasa tersebut bisa dipahami dan dibaca manusia. Sehingga jika ingin komputer mampu memahami notasi pseudocode perlu di terjemahkan terlebih dahulu ke sintaksis bahasa pemrograman tertentu. Berikut ini contoh pseudocode hitung luas persegi panjang:

Pseudocode Luas Persegi Panjang

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ketemen-temen ya guys. Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND

Nama     : Aldo Fernanda NPM      : 20312055   IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND Sebagaimana pada algortima runut-balik, algoritma B...